PT. Flaminggo bergerak di bidang usaha perakitan computer,
dan beru saja melakukan ekspansi dengan merambah ke bidang usaha Perhotelan.
Sebagai langkah awal dalam memasuki bidang usaha hotel ini, PT Flaminggo akan
membuka sebuah hotel berkapasitas 200 Kamar dan 1 Restaurant dengan taraf hotel
bintang 3.
Berikut adalah flow business process hotel PT Flaminggo :
Sesuai dengan diagram flow diatas, department-department di
PT Flaminggo akan berkolaborasi mulai dari proses menarik prospective client (
calon tamu / calon pelanggan ) hingga akhir proses yaitu masuknya revenue.
Secara garis besar, business process Hotel PT Flaminggo ini
terbagi dalam 7 tahapan, yaitu :
1.
Tahapan Marketing / Menarik calon pelanggan –
pada tahapan ini department / modul yang paling utama bergerak adalah
Department Marketing, dibantu oleh Department e-commerce.
Department Marketing dengan modul CRM (
Costumer Relation Manager ) nya akan melakukan pemrosesan leads, dan
opportunity, baik dari calon costumer perorangan, company, maupun kerjasama
dengan 3rd party vendor, seperti agent travel, e-commercial site,
dll dalam rangka mengubah lead dan opportunity tersebut menjadi deal done
costumer / checked in costumer.
2.
Setelah calon costumer melakukan process check
in, maka status mereka berubah menjadi Inhouse Guest, dimana costumer tersebut
akan disajikan 2 tipe layanan oleh 2 department service utama, yaitu : Layanan
Kamar / Room based Service, dan Layanan Makanan / Food & Beverage based
Service.
3.
Sebagai kontak langsung dalam perhitungan
keuntungan, akan ditempatkan setidaknya 4 Point of Sales, yaitu 2 point of
sales di divisi Ruangan / Room Division : Point Of Sales di Front Office dan
Point of Sales di Drug Store ( toko serba ada ). 2 point of sales yang lainnya
akan ditempatkan di divisi makanan / Food & Beverage Division ; point of
sales di Restaurant dan Point of Sales di Room Service / makanan antar ke
ruangan.
4.
Keuntungan yang dihasilkan dari 4 point of sales
ini akan kemudian dihitung oleh department Accounting, untuk kemudian dibuatkan
pembiayaan budget operasional, dan juga laporan keuntungan / revenue report.
5.
Bagian Admin berfungsi untuk memberikan support
dalam hal IT dan komputerisasi kepada divisi-divisi yang lain, termasuk
penyediaan dan maintenance dari system
ERP yang digunakan yaitu odoo
6.
Bagian Purchasing akan berfungsi memberikan
support kepada divisi yang lain dalam hal pengadaan barang.
7.
Bagian HR akan memberikan funngsi support kepada
divisi yang lain dalam hal menyediakan dan menjaga kondisi tenaga kerja.
Demikian adalah garis besar Business Process dari hotel
Flaminggo.
Salam dan Terima Kasih